Manfaat Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih
Manfaat Bawang Putih 
Manfaat Bawang Putih sudah diketahui sejak lama dapat digunakan sebagai salah satu bumbu penyedap paling lezat. Namun, tahukah Anda bila bawang putih ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh ? Ya, bawang putih yang selama ini kita kenal ternyata mengandung beraneka ragam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bawang putih dapat diolah menjadi minyak, minyak astiri hasil ekstrak dari bawang putih mengandung banyak protein dan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia. 

Salah satu manfaat bawang putih yang paling melegenda, pada zaman mesir kuno para pekerja firaun mengkonsumsi bawang putih untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina, yang berarti bawang putih juga turut andil besar dalam pembangunan piramid di Mesir. Baru - baru penelitian ilmiah membuktikan bila bawang putih mengandung senyawa yang sama kuatnya dengan antibiotik temuan Sir Alexander Fleming yang bernama Pinisilin. Penasaran seperti apa, hal menakjubkan yang dapat kita ambil dari manfaat bawang putih ? Berikut ulasannya. 

Membantu Meringankan Penyakit Diabetes Melitus 

Saat ini penyakit degenartif menjadi momok menakutkan bagi manusia yang hidup dijaman modern. Berbagai macam jenis kuliner dapat kita temukan dengan mudah. Mulai dari yang sehat sampai yang tidak sehat pun dapat dikonsumsi oleh semua umur. Bahkan, ada seseorang yang tahu bila makanan tersebut dapat berdampak negatif bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang tetap saja diteruskan. Minum - minuman beralkohol yang berbahaya pun saat ini tidak terkontrol penyebarannya. Sehingga menyebabkan penyakit seperti Diabetes Melitus yang awalnya adalah penyakit keturunan kini menjadi penyakit yang dapat menjangkiti manusia walaupun tidak diturunkan oleh orang tua. 

Konsumsi bawang putih dipercaya dapat membantu penderita DM untuk meningkatkan produksi insulin lebih banyak sehingga dapat mengubah gula darah menjadi energi dan meringankan penderita DM. 

Menyeimbangkan Berat Badan Seseorang 

Unik, itulah salah satu manfaat bawang putih yang baru - baru ini ditemukan. Dalam sebuah percobaan yang melibatkan tikus dewasa ada hasil yang cukup mencengangkan. Tikus A diberi makan bawang putih mengalami penurunan berat badan. Sedangkan Tikus B diberi makan bawang putih mengalami peningkatan berat badan. Itu berarti bawang putih dapat mengontrol berat badan seseorang. 

Menurunkan Resiko Penyakit Kanker 

Beruntunglah bagi orang yang saat ini masih bertahan dengan bumbu tradisional yang terbuat dari bawang putih. Terungkap bahwa seseorang yang mengkonsumsi bawang putih 1 - 2 kali seminggu dapat mengurangi resiko kanker. Berbeda dengan orang yang sama sekali tidak pernah mengkonsumsi bawang putih maka dua kali lipat lebih besar beresiko terkena kanker. 

Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas 

Manfaat bawang putih ternyata dapat diandalkan untuk melawan radikal bebas. Bekerja secara alami untuk mengurangi dan mencegah senyawa radikal yang berkeliaran dalam tubuh. 

Menurunkan dan Mengontrol Kolesterol 

Orang dewasa saat ini memiliki salah satu masalah dengan kadar kolesterol tinggi mencapai 40 persen. Kita tahu jika kolesterol berlebih dapat menyumbat sistem peredaran darah baik ke otak maupun ke jantung. Jika yang tersumbat menuju jantung maka gagal jantung siap menerkam kehidupan jika ke otak maka stroke siap mencabut nyawa seseorang. Manfaat Bawang Putih ternyata dapat mengurangi jumlah LDL atau kolesterol sebanyak 20 persen. 

Sebenarnya masih banyak lagi Manfaat Bawang Putih yang belum dapat kami sampaikan secara rinci. Jadi, silahkan baca buku khusus yang membahasa seputar bawang putih. Salah satu kekurangan dari bawang putih adalah baunya yang tajam, bahkan dicerikan dalam sebuah cerita fiktir bila vampire takut menghisap darah orang yang mengkonsumsi bawang putih. Saat ini sudah banyak yang menjual bawang putih dalam bentuk bubuk maupun minyak sehingga baunya dapat diminimalisir.

Sumber : yukidaniswara.blogspot.com

Postingan populer dari blog ini

Klasifikasi dan Morfologi Walang Sangit (Leptocorisa Acuta Thunberg)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ketumbar (Coriandrum sativum L.)

Tanaman Hias di Halaman Rumah dan Manfaatnya